Abstaksi Data

Abstrak merupakan sebuah uraian singkat yang menggambarkan secara singkat, padat, jelas, dan lengkap mengenai isi sebuah karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, surat pembaca, laporan kasus, laporan tinjauan, resensi, monograf, referat, maupun kabilitas. Abstrak baru dapat dibuat oleh penulis setelah membuat ringkasan dari karya tulisnya, yakni setelah penulis memahami betul karya tulisnya ilmiahnya secara menyeluruh. Abstrak sendiri disajikan pada bagian awal sebuah karya tulis ilmiah.
Namun ada juga mengartikan abstrak sebagai sesuatu yang tidak kasa mata, atau tidak dapat ditangkap oleh panca indera manusia, baik itu wujud, ukuran, warna, hingga nama, keadaan, sifat dan lain sebagainya.

Abstraksi Data
Pengertian abstraksi data sendiri diambil dari pengertian abstrak pada bidang literatur, yaitu merupakan sebuah cara pandang seseorang untuk melihat, menggambarkan, atau mendefinisikan data dalam sebuah sistem basis data. Abstraksi menunjukan sebarapa umum atau seberapa rinci sistem direpresentasikan atau dimodelkan. Semakin rendah level, gambaran yang diberikan mengenai sistem basis data semakin rinci, sementara itu semakin tinggi level, maka semakin umum. 
Abstraksi data sendiri memiliki tiga (3) tingkatan (level), yaitu :

  • Level Fisik (physical level) : Ini merupakan level terendah dalam abstraksi data. Level ini memberi gambaran secara kompleks dan terstruktur tentang bagaimana data disimpan dalam kondisi sebenarnya.
  • Level Logik (logical level) : Ini merupakan level sedang (medium) dalam abstraksi data. Level logik juga biasa disebut level konseptual. Level ini memberi gambaran tentang data apa yang sebenarnya perlu disimpan, serta hubungan atau relasi yang terjadi diantara data secara keseluruhan. Pengambaran cukup dilakukan dengan memakai kotak, garis, dan hubungan secukupnya.
  • Level Penampakan (view level) : Ini merupakan level tertinggi dalam abstraksi data. Level ini juga bisa disebut level pandangan pengguna. Level ini memberikan gambaran kecil atau hanya sebagian tentang data yang dapat dipakai dan dilihat. Pengguna tidak perlu tahu secara rinci tentang bagaimana data-data tersebut tersimpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Resiko Proyek

 MANAJEMEN RESIKO PROYEK         Manajemen resiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin ...