Perbedaan Sistem Pemrosesan File dan Sistem Pengolah Basis Data


Sebelum ditemukannya sistem pengolah basis data,  proses pengolahan data masih menggunakan sistem pemrosesan file dari tahun 1960an hingga OODBMSs dan ORDBMSs (Oracle 8) dirilis pada tahun 1997.


Sistem Pemrosesan File (File-Based System) (Traditional File System)

Menurut Thomas Connoly dan Carolyn Begg (2015, page 79) “file-based system, which is a collection of application programs that perform services for the end-users, usually the production of reports. Each program defines and manages its own data.”. Dapat diartikan bahwa sistem pemrosesan file merupakan kumpulan program aplikasi yang memeberikan layanan kepada pengguna akhir(clients), biasanya untuk membuat laporan. Setiap program mendefinisikan dan mengelola datanya sendiri. Jadi sistem pemrosesan file digunakan untuk memberikan laporan berupa data/informasi dalam bentuk file-file tersendiri yang dibutuhkan suatu program dan setiap program memiliki datanya sendiri.


Sistem Pengolah Basis Data (DBMS)

DBMS (Database Management System) adalah sebuah perangkat lunak sistem yang memberikan akses kepada pengguna (user) untuk mendefinisikan, membuat, mengelola, dan mengontrol suatu basis data (database). Jadi dapat diartikan bahwa DBMS merupakan perantara dari berbagai user yang melakukan proses entry data kedalam suatu database.
DBMS mencakup proses :
  • Defining : Database dapat mendefinisikan tipe data, batasan (constraint) dan susunan (struktur) dari data-data yang di simpan pada database
  • Sharing : Database dapat membagikan data-data dalam setiap program kepada user(pengguna) dan diakses secara bebas.
  • Manipulating : Database mencakup berbagai fungsi dan query untuk mendapatkan data yang dicari, termasuk operasi insert, update dan delete serta dalam menghasilkan dan melaporkan data.

sumber : https://images.slideplayer.com/24/7321220/slides/slide_11.jpg


Jika kedua tipe pemrosesan data diatas dibandingkan, tentu file-based system akan memiliki kekurangan yang lebih banyak ketimbang DBMS. 
Berikut kekurangan/kelemahan dari file-based system :
  • Memiliki data terpisah dan terisolir, program a tidak dapat mengkases data pada program b dan sebaliknya. Dan terisolir karena file-file yang dikirimkan memiliki format yang berbeda-beda, sehinggan akan susah untuk menyingkronkannya.
  • Cenderung mengakibatkan data terduplikasi, jika kedua program tidak saling mengakses data masing-masing maka akan timbul kecenderungan data terduplikasi, sama, identik dan maka hal tersebut adalah pemborosan, boros waktu entry data dan boros penyimpanan serta biaya yang dikeluarkan untuk menyediakannya.
  • Kesukaran dalam mengakses data, proses pengambilan data tidak mungkin dapat dilakukan jika muncul permintaan-permintaan baru namun diabaikan sewaktu membuat program.
  • Data dependence, bisa atau tidaknya mengakses data bergantung pada program, jika sedang terjadi perubahan atau kesalahan maka data tidak dapat diakses.
  • Masalah keamanan data. Karena user hanya dapat mengirimkan data kepada program, tanpa memaintain data, maka keamanan data hanya bergantung pada program. Sehingga user tidak akan tahu kemana dan untuk apa data tersebut di gunakan.

Karena masih banyaknya kelemahan-kelemahan yang dimiliki file-based system, DBMS hadir dengan tujuan untuk memberikan :

  • Kemudahan dan kecepatan dalam mengakses data.
  • Efisiensi ruang penyimpanan data. Jika tidak ada data terduplikasi maka ruang penyimpanan akan lebih efisien.
  • Keakuratan dalam pembentukan query dan hubungan (relasi) antar data berdasarkan struktur, batasan, domain, tipe, keunikan data, untuk meminimalisir ketidakakuratan saat entry data.

Nah jadi gitu, cuy. Sekian penjelasan gue tentang perbedaan antara sistem pemrosesan file (file-based system) dan sistem pengolah basis data (Database Management System (DBMS)). Sampai jumpa di next postingan, peace!


Referensi :

Connoly, Thomas & Begg, Carolyn. (2015). Database : Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. Sixth Edition. University of the West of Scotland.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Resiko Proyek

 MANAJEMEN RESIKO PROYEK         Manajemen resiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin ...