Basis Data


Dalam postingan sebelumnya udah gue jelaskan mengenai data. Dalam postingan ini gue akan menjelaskan mengenai basis data. Ok simak cuy!.

Basis data terdiri dari dua kata yaitu basis dan data, “basis” dapat dianalogikan seperti markas atau pangkalan militer suatu negara, dan “data” dapat dianalogikan sebagai unit komponen militer seperti personil dan alutsista yang tinggal dan berada di pangkalan militer tersebut. Yang mana personil dan alutsista dalam pangakalan militer ini memiliki fungsi atau spesialisasi berbeda namun di manage untuk bekerja sama dan saling berhubungan dalam satu komando.

Tidak hanya itu, setiap satuan militer dapat saling mengakses data satu sama lain. Misalnya saat dilaksanakannya operasi militer dalam sebuah pangkalan militer, angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara saling berbagi data mengenai jumlah pernosil dan alutsista yang akan diturunkan dalam sebuah medan pertempuran, dalam sebuah rapat. Sehingga dapat di tentukan komposisi pasukan dari setiap angkatan militer yang tepat dan dibutuhkan oleh komando militer.

Pengertian basis data menurut Thomas Connoly dan Carolyn Begg (2015, page 79), “A database is a shared collection of logically related data and a description of this data, designed to meet the information needs of an organization.”. Jadi dapat diartikan bahwa basis data merupakan sebuah kumpulan data ataupun gambaran tentang data yang digunakan secara bersama dan secara logis saling berhubungan, yang digunakan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi.

Komponen Basis Data :
  • Hardware (Perangkat Keras)
  • Operating System (Sistem Operasi)
  • Storage (Tempat Penyimpanan Data)
  • DBMS (Database Management System)
  • User (Pengguna)

Nah gitu cuy penjelasan gue tentang basis data. Sampai jumpa di next postingan, peace!



Referensi :
Connoly, Thomas & Begg, Carolyn. (2015). Database : Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. Sixth Edition. University of the West of Scotland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Resiko Proyek

 MANAJEMEN RESIKO PROYEK         Manajemen resiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin ...