Pengertian Data Secara Umum dan Digital


Apa sih itu “Data”?

Ok, secara umum dulu nih cuy, jadi data itu adalah sekumpulan datum atau fakta-fakta dari suatu hal yang didapatkan dari pengamatan langsung, atau pencarian dari sumber-sumber tertentu.

“Lalu apa bedanya dengan informasi, kod?? Kan sama2 diperoleh dari pen... ....”

Jadi cuy, bedanya data dengan informasi itu dari dilihat susunannya cuy. Suatu informasi tersusun dari berbagai data, namun suatu data tidak dapat disebut informasi karena belum diolah. Misal, gue punya satu data nih, misalnya foto orang asing, foto tersebut belum bisa menjadi informasi karena kita gak tahu orang itu siapa, maka dibutuhkanlah data-data lainya seperti nama, jenis kelamin dan lain sebagainya. Gitu cuy.

Nah kalau dalam sudut pandang digital, KBBI udah buat pejelasannya nih cuy, jadi menurut doi, data dalam komputer merupakan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar grafis atau suara.

Jadi gitu dulu cuy penjelasan gue tentang “data” secara umum dan spesifik di bidang gue sendiri yaitu komputer. Ok, sampai jumpa di next postingan, peace!


Referensi :
Kamus Besar Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Resiko Proyek

 MANAJEMEN RESIKO PROYEK         Manajemen resiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin ...