Klasifikasi Sistem

Hasil gambar untuk system illustration
source : https://images.app.goo.gl/h4Z8ASKH8gdoj2Z6A

KLASIFIKASI SISTEM 

Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi di dalam sistem tersebut. Oleh karena itu sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang. Berikut ini empat klasifikasi berdasarkan wujud, asal usul, prediktabilitas, dan aksesibilitasnya.




1.       SISTEM ABSTRAK (ABSTRACT SYSTEM) DAN FISIK ( PHYSICAL SYSTEM)
  • Sistem Abstrak : Sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik.  Misalnya : sistem agama (teologia).
  • Sistem Fisik : Sistem yang keberadaannya dapat dilihat secara fisik.                                     Misalnya : perusahaan, komputer.



2.       SISTEM ALAMIAH (NATURAL SYSTEM) DAN BUATAN MANUSIA ( HUMAN MADE   SYSTEM )
  • Sistem Alamiah : Sistem yang terbentuk melalui proses alami.                                                  Misalnya : sistem tatasurya, pencernaan.
  • Sistem Buatan Manusia : Sistem yang dirancang dan dibangun oleh manusia yang melibatkan interaksi dengan mesin.                                                                                                      Misalnya : sistem produksi di pabrik


3.       SISTEM TERTENTU (DETERMINISTIC SYSTEM) DAN TIDAK TENTU ( PROBABILISTIC SYSTEM)
  •       Sistem tertentu : Sistem yang cara beroperasinya sudah dapat diprediksi, interaksi-interaksi didalamnya dapat dideteksi dengan pasti dan outputnya dapat diramalkan.                          Misalnya : pengolahan data (komputer).
  •       Sistem tak tentu : Sistem yang outputnya tidak dapat diprediksi dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas.                                                                                    Misalnya : sistem evapotranspirasi (siklus air),  sistem serapan hara, sistem fotosisntesis.


4.       SISTEM TERTUTUP (CLOSED SYSTEM) DAN TERBUKA ( OPEN SYSTEM )
  •       Sistem tertutup : sistem yang tidak berhubungan dengan dunia luar dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya (bekerja secara otomatis). Sebenarnya sistem tertutup tidak ada yang ada adalah relatif tertutup.
  •    Sistem terbuka : Sistem yang mempunyai hubungan dengan dunia luar dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan ouput untuk subsistem yang lain.


Referensi : Wahyudin (Konsep Sistem – Sistem Informasi) & Analisis Sistem Informasi (Klasifikasi Sistem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Resiko Proyek

 MANAJEMEN RESIKO PROYEK         Manajemen resiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin ...