Sistem Informasi Untuk Mengatasi Penyebaran Covid-19

Untuk mengatasi penyebaran covid-19 ini, menurut saya Sistem Informasi Rumah Sakit merupakan solusinya. 

Dimana, seluruh rumah sakit yang berada dekat dengan perangkat pengguna dapat memberikan informasi mengenai : 

1. Kapasitas rumah sakit yang tersedia untuk merawat pasien khusus covid-19. 

2. Dikarenakan gejala covid-19 ini mirip dengan flu-flu lainnya dan untuk keluar rumah sangat beresiko, maka dibutuhkan fasilitas untuk melakukan proses konsultasi dengan dokter secara online disertai video call. 

3. Fasilitas untuk dapat memesan tempat perawatan di rumah sakit / di tempat medis manapun secara online, dan penjemputan pasien terduga covid-19 menggunakan perangkat medis yang memadai. 

Ide dasar dari sistem informasi ini adalah social distancing yakni bagaimana caranya meminimalisir waktu/jumlah pertemuan jarak dekat antara manusia dan manusia lain. Dalam kasus ini banyak orang yang ragu ataupun khawatir terhadap kesehatan dirinya karena gejala covid-19 ini mirip dengan gejala-gejala flu lain, maka sistem informasi rumah sakit dapat meminilaisir penyebaran covid-19 karena yang datang ke rumah sakit hanyalah orang yang pasti terinfeksi covid-19 dan orang-orang sakit lainnya. 



Dalam sistem informasi ini sistem membutuhkan : 

1. Data ketersediaan rumah sakit 

2. GPS untuk mencari lokasi rumah sakit terdekat, dan fasilitas video call 

3. Koneksi dengan pihak rumah sakit (gedung, tenaga medis, peralatan medis  & ambulance) 

Sistem Informasi ini merupakan sebuah model aplikasi yang informasinya dapat didistribusikan melalui kontak jarak jauh (jaringan). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Resiko Proyek

 MANAJEMEN RESIKO PROYEK         Manajemen resiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin ...