Ringkasan Meteri Mengenai UML


Unified Modelling Language

Apa itu UML?

UML merupakan singkatan dari Unified Modelling Language, adalah sebuah "bahasa" yang berdasarkan grafik/gambar dan telah menjadi standar dalam industri untuk memvisualisasi, merancang, membangun dan mendokumentasikan sistem informasi atau piranti lunak berbasis OO (Object-Oriented).

Bagaimana Awal Mula Digunakannya UML?

UML mulai digunakan secara resmi pada Oktober 1994, ketika Rumbaugh bertemu dengan Booch. Mereka berdua lalu bekerja bersama di Relational Software Cooperation (RSC). Proyek ini memfokuskan pada penyatuan metode Booch dan Rumbaugh, pada saat itu berupa Object-modeling technique(OMT). Pada bulan October 1995, UML merilis versi 0.8 dan pada waktu yang sama juga Jacobson bergabung dengan RSC. Sejak tahun 1996 pengembangan tersebut dikoordinasikan oleh Object Management Group. Cakupan dari UML pun semakin meluas. Dengan dibangunnya persatuan untuk UML dengan beberapa organisasi yang bergabung dan menyumbangkan sumber dayanya, sehingga mengembangkan,dan melengkapi UML. Tahun 1997 UML versi 1.1 muncul, dan saat ini versi terbaru adalah versi 2.0 yang dirilis tahun 2005. Sejak saat itulah UML telah menjelma menjadi standar Bahasa pemodelan untuk aplikasi berorientasi objek.

Apa Saja Elemen/Bagian Utama dari UML?

Untuk dapat memahami UML membutuhkan bentuk konsep dari sebuah bahasa model, dan mempelajari 3 elemen (bagian) utama dari UML, yakni building block , aturan-aturan yang menyatakan bagaimana building block diletakkan secara bersamaan, dan beberapa mekanisme umum (common).
Tiga macam yang terdapat dalam building block adalah :
  • Benda/Things; adalah abstraksi yang pertama dalam sebuah model
  • Hubungan/Relationships; sebagai alat komunikasi dari benda-benda
  • Bagan/Diagrams; sebagai kumpulan / group dari benda-benda/things 

Benda/Things

Adalah hal yang sangat mendasar dalam model UML, juga merupakan bagian palingstatik dari sebuah model, serta menjelaskan elemen-elemen lainnya dari sebuah konsep dan atau fisik. Bentuk dari things ada 5 :

Classes, yang diuraikan sebagai sekelompok dari object yang mempunyai atribute,operasi, hubungan yang semantik. Sebuah kelas mengimplementasikan 1 atau lebih interfaces. Sebuah kelas dapat digambarkan sebagai sebuah persegi panjang, yangmempunyai sebuah nama, atribute, dan metoda pengoperasiannya.

Interfaces, merupakan sebuah antar-muka yang menghubungkan dan melayani antar kelas dan atau elemen. Interface/antar-muka mendefinisikan sebuah set/kelompok dari spesifikasi pengoperasian, umumnya digambarkan dengan sebuah lingkaran yang disertai dengan namanya. Sebuah antar-muka berdiri sendiri dan umumnya merupakan pelengkap dari kelas atau komponen.

Collaboration, yang didefinisikan dengan interaksi dan sebuah kumpulan/kelompok dari kelas-kelas/elemen-elemen yang bekerja secara bersama-sama. Collaborations mempunyai struktur dan dimensi. Pemberian sebuah kelas memungkinkan berpartisipasi didalam beberapa collaborations dan digambarkan dengan sebuah “elips” dengan garis terpotong-potong.

Use cases, adalah rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. “use case” digunakan untuk membentuk tingkah-laku benda/things dalam sebuah model serta direalisasikan oleh sebuah collaboration. Umumnya “use case” digambarkan dengan sebuah “elips” dengan garis yang solid, biasanya memiliki nama.

Nodes, merupakan fisik dari elemen-elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah sistem, contohnya adalah sebuah komputer, umumnya mempunyai sedikitnya memory dan processor. Sekelompok komponen mungkin terletak pada sebuah node dan juga mungkin akan berpindah dari node satu ke node lainnya. Umumnya node ini digambarkan seperti kubus serta hanya memiliki namanya.

Hubungan / Relationships

Terdapat 4 jenis hubungan dalam penggunaan UML, yakni :

Dependency, adalah hubungan semantik antara dua benda/ things dimana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya akan berubah pula. Umumnya sebuah dependency digambarkan dengan sebuah panah dengan garis terputus-putus.

Association, hubungan antar benda struktural yang terhubung diantara obyek. Kesatuan obyek yang terhubung merupakan hubungan khusus, yang menggambarkan sebuah hubungan struktural diantara seluruh atau sebagian.Umumnya association digambarkan dengan sebuah garis yang dilengkapi dengan sebuah label, nama, dan status hubungannya.

Generalizations, menggambarkan hubungan khusus dalam obyek anak/ child yang menggantikan obyek parent / induk. Dalam hal ini, obyek anak memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah lakunya kepada obyek induk. Digambarkan dengan garis panah

Realizations, merupakan hubungan semantik antara pengelompokan yang menjamin adanya ikatan diantaranya. Hubungan ini dapat diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements , serta antara usecases dan collaborations.

Bagan/Diagram

UML terdiri atas pengelompokan diagram-diagram sistem menurut aspek atau sudut pandang tertentu. Diagram menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. UML mempunyai 9 diagram, yaitu:

Diagram Use Case, diagram yang menggambarkan sejumlah external actors dan hubungannya ke use case yang diberikan oleh sistem. Use case adalah deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem dalam bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol namun dapat juga dilakukan dalam activity diagrams. Use case digambarkan hanya yang dilihat dari luar oleh actor (keadaan lingkungan sistem yang dilihat user) dan bukan bagaimana fungsi yang ada di dalam sistem.

Diagram Class, sebuah diagram yang menjelaskan hubungan antar class dalam sebuah sistem yang sedang dibuat dan menjelaskan bagaimana caranya agar mereka saling berkolaborasi. Class merepresentasikan sesuatu yang ditangani oleh sistem. Class dapat berhubungan dengan yang lain melalui berbagai cara: associated (terhubung satu sama lain), dependent (satu class tergantung/menggunakan class yang lain), specialed (satu class merupakan spesialisasi dari class lainnya), atau package (grup bersama sebagai satu unit). Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram.

Diagram Package, sebuah diagram yang digunakan untuk mengelompokkan elemen-elemen model dari use case dan class diagram. Package Diagram memisahkan tampilan, domain, dan akses data ke dalam paket yang terpisah. Dengan adanya diagram ini, dapat mempermudah pembuatan sistem dengan cara mengumpulkan atribut-atribut yang sejenis.

Diagram Sequence, diagram yang menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaanya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object, sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.

Diagram Collaboration, diagram yang menggambarkan kolaborasi dinamis seperti sequence diagrams. Dalam menunjukkan pertukaran pesan, collaboration diagrams menggambarkan object dan hubungannya (mengacu ke konteks). Jika penekannya pada waktu atau urutan gunakan sequence diagrams, tapi jika penekanannya pada konteks gunakan collaboration diagram.

Diagram StateChart, diagram yang menggambarkan bagaimana sistem dapat bereaksi terhadap suatu kejadian dari dalam atau luar. Kejadian (event) ini bertanggung jawab terhadap perubahan keadaan sistem.

Diagram Activity, diagram yang menggambarkan alur kerja dari berbagai aktivitas user atau sistem, orang yang melakukan aktivitas, dan aliran berurutan dari aktivitas ini.

Diagram Deployment, diagram yang menunjukkan tata letak sebuah sistem secara fisik, menampakkan bagian-bagian software yang berjalan pada bagian-bagian hardware yang digunakan untuk mengimplementasikan sebuah sistem dan keterhubungan antara komponen-komponen hardware.


Referensi

Pengantar UML oleh Anggi Perwitasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Resiko Proyek

 MANAJEMEN RESIKO PROYEK         Manajemen resiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin ...