Unified Modelling Language
Apa itu UML?
UML merupakan singkatan dari Unified Modelling Language, adalah sebuah "bahasa" yang berdasarkan grafik/gambar dan telah
menjadi standar dalam industri untuk memvisualisasi, merancang, membangun dan
mendokumentasikan sistem informasi atau piranti lunak berbasis OO
(Object-Oriented).
Bagaimana Awal Mula Digunakannya UML?
UML mulai digunakan secara resmi
pada Oktober 1994, ketika Rumbaugh bertemu dengan Booch. Mereka berdua lalu bekerja
bersama di Relational Software Cooperation (RSC). Proyek ini memfokuskan pada
penyatuan metode Booch dan Rumbaugh, pada saat itu berupa Object-modeling
technique(OMT). Pada bulan October 1995, UML merilis versi 0.8 dan pada waktu
yang sama juga Jacobson bergabung dengan RSC. Sejak tahun 1996 pengembangan
tersebut dikoordinasikan oleh Object Management Group. Cakupan dari UML pun
semakin meluas. Dengan dibangunnya persatuan untuk UML dengan beberapa
organisasi yang bergabung dan menyumbangkan sumber dayanya, sehingga
mengembangkan,dan melengkapi UML. Tahun 1997 UML versi 1.1 muncul, dan saat ini
versi terbaru adalah versi 2.0 yang dirilis tahun 2005. Sejak saat itulah UML
telah menjelma menjadi standar Bahasa pemodelan untuk aplikasi berorientasi
objek.
Apa Saja Elemen/Bagian Utama dari UML?
Untuk dapat memahami UML
membutuhkan bentuk konsep dari sebuah bahasa model, dan mempelajari 3 elemen
(bagian) utama dari UML, yakni building block , aturan-aturan yang menyatakan bagaimana
building block diletakkan secara bersamaan, dan beberapa mekanisme umum
(common).
Tiga macam yang terdapat dalam
building block adalah :
- Benda/Things;
adalah abstraksi yang pertama dalam sebuah model
- Hubungan/Relationships;
sebagai alat komunikasi dari benda-benda
- Bagan/Diagrams; sebagai kumpulan / group dari benda-benda/things
Benda/Things
Adalah hal yang sangat mendasar
dalam model UML, juga merupakan bagian palingstatik dari sebuah model, serta
menjelaskan elemen-elemen lainnya dari sebuah konsep dan atau fisik. Bentuk
dari things ada 5 :
Classes, yang diuraikan sebagai
sekelompok dari object yang mempunyai atribute,operasi, hubungan yang semantik.
Sebuah kelas mengimplementasikan 1 atau lebih interfaces. Sebuah kelas dapat digambarkan sebagai sebuah
persegi panjang, yangmempunyai sebuah nama, atribute, dan metoda
pengoperasiannya.
Interfaces, merupakan sebuah
antar-muka yang menghubungkan dan melayani antar kelas dan atau elemen.
Interface/antar-muka mendefinisikan sebuah set/kelompok dari spesifikasi
pengoperasian, umumnya digambarkan dengan sebuah lingkaran yang disertai dengan
namanya. Sebuah antar-muka berdiri sendiri dan umumnya merupakan pelengkap dari
kelas atau komponen.
Collaboration, yang didefinisikan
dengan interaksi dan sebuah kumpulan/kelompok dari kelas-kelas/elemen-elemen
yang bekerja secara bersama-sama. Collaborations mempunyai struktur dan dimensi.
Pemberian sebuah kelas memungkinkan berpartisipasi didalam beberapa
collaborations dan digambarkan dengan sebuah “elips” dengan garis
terpotong-potong.
Use cases, adalah
rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara
teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. “use case” digunakan
untuk membentuk tingkah-laku benda/things dalam sebuah model serta
direalisasikan oleh sebuah collaboration. Umumnya “use case” digambarkan dengan
sebuah “elips” dengan garis yang solid, biasanya memiliki nama.
Nodes, merupakan fisik dari
elemen-elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah sistem, contohnya adalah
sebuah komputer, umumnya mempunyai sedikitnya memory dan processor. Sekelompok
komponen mungkin terletak pada sebuah node dan juga mungkin akan berpindah dari
node satu ke node lainnya. Umumnya node ini digambarkan seperti kubus serta
hanya memiliki namanya.
Hubungan / Relationships
Terdapat 4 jenis hubungan dalam
penggunaan UML, yakni :
Dependency, adalah hubungan
semantik antara dua benda/ things dimana sebuah benda berubah mengakibatkan benda
satunya akan berubah pula. Umumnya sebuah dependency digambarkan dengan sebuah
panah dengan garis terputus-putus.
Association, hubungan antar benda
struktural yang terhubung diantara obyek. Kesatuan obyek yang terhubung merupakan
hubungan khusus, yang menggambarkan sebuah hubungan struktural diantara seluruh
atau sebagian.Umumnya association digambarkan dengan sebuah garis yang
dilengkapi dengan sebuah label, nama, dan status hubungannya.
Generalizations, menggambarkan
hubungan khusus dalam obyek anak/ child yang menggantikan obyek parent / induk.
Dalam hal ini, obyek anak memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah
lakunya kepada obyek induk. Digambarkan dengan garis panah
Realizations, merupakan hubungan
semantik antara pengelompokan yang menjamin adanya ikatan diantaranya. Hubungan
ini dapat diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements , serta antara
usecases dan collaborations.
Bagan/Diagram
UML terdiri atas pengelompokan
diagram-diagram sistem menurut aspek atau sudut pandang tertentu. Diagram
menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. UML
mempunyai 9 diagram, yaitu:
Diagram Use Case, diagram yang menggambarkan
sejumlah external actors dan hubungannya ke use case yang diberikan oleh
sistem. Use case adalah deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem dalam
bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol namun dapat juga dilakukan
dalam activity diagrams. Use case digambarkan hanya yang dilihat dari luar oleh
actor (keadaan lingkungan sistem yang dilihat user) dan bukan bagaimana fungsi
yang ada di dalam sistem.
Diagram Class, sebuah diagram
yang menjelaskan hubungan antar class dalam sebuah sistem yang sedang dibuat
dan menjelaskan bagaimana caranya agar mereka saling berkolaborasi. Class merepresentasikan
sesuatu yang ditangani oleh sistem. Class dapat berhubungan dengan yang lain
melalui berbagai cara: associated (terhubung satu sama lain), dependent (satu
class tergantung/menggunakan class yang lain), specialed (satu class merupakan
spesialisasi dari class lainnya), atau package (grup bersama sebagai satu
unit). Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram.
Diagram Package, sebuah diagram
yang digunakan untuk mengelompokkan elemen-elemen model dari use case dan class
diagram. Package Diagram memisahkan tampilan, domain, dan akses data ke dalam
paket yang terpisah. Dengan adanya diagram ini, dapat mempermudah pembuatan
sistem dengan cara mengumpulkan atribut-atribut yang sejenis.
Diagram Sequence, diagram yang menggambarkan
kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaanya untuk menunjukkan
rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object,
sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.
Diagram Collaboration, diagram
yang menggambarkan kolaborasi dinamis seperti sequence diagrams. Dalam
menunjukkan pertukaran pesan, collaboration diagrams menggambarkan object dan
hubungannya (mengacu ke konteks). Jika penekannya pada waktu atau urutan
gunakan sequence diagrams, tapi jika penekanannya pada konteks gunakan
collaboration diagram.
Diagram StateChart, diagram yang
menggambarkan bagaimana sistem dapat bereaksi terhadap suatu kejadian dari
dalam atau luar. Kejadian (event) ini bertanggung jawab terhadap perubahan
keadaan sistem.
Diagram Activity, diagram yang
menggambarkan alur kerja dari berbagai aktivitas user atau sistem, orang yang
melakukan aktivitas, dan aliran berurutan dari aktivitas ini.
Diagram Deployment, diagram yang
menunjukkan tata letak sebuah sistem secara fisik, menampakkan bagian-bagian
software yang berjalan pada bagian-bagian hardware yang digunakan untuk
mengimplementasikan sebuah sistem dan keterhubungan antara komponen-komponen
hardware.
Referensi
Pengantar UML oleh Anggi
Perwitasari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar